Sunday, July 04, 2010

Sederhanakan

Jenius adalah orang yang mampu membuat hal-hal rumit menjadi sederhana. Jadi janganlah membuat rumit hal-hal yang mudah.

Untuk menjadi orang jenius selain berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan, tentu saja masih ada beberapa persyaratan lain. Salah satunya adalah orang jenius itu dapat membuat yang sulit dan rumit menjadi mudah, bukan memperumit masalah yang mudah.

Dengan kejeniusannya, maka ia dapat memahami berbagai hal yang bagi orang lain sulit dipahami. Nah, lalu orang jenius perlu memikirkan bagaimana penyelesaian persoalan tersebut sehingga menjadi mudah dan sederhana, agar semua orang kini dapat memahaminya juga.

Disinilah orang jenius memiliki peran yang penting. Orang banyak mengatakan dia sudah menjadi pakar, bukan ‘apa-apa dibuat sukar’ tetapi ‘pandai alihkan yang sukar – sehingga menjadi mudah’.

Sebaliknya bila kita belum menjadi orang jenius, kita tidak boleh memperumit berbagai hal yang mudah. Daripada melakukan hal seperti itu, maka lebih baik kita diam saja dan membiarkan semua berjalan apa adanya.

No comments: